Terangkan fitur fitur pada blender 2.73

Fitur - Fitur pada Aplikasi Blender 2.73

Saat membuka aplikasi blender muncullah tampilan seperti berikut






















klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory setting pada blender, sehingga akan muncul fitur sebagai berikut.




*  Header      :  menu utama blender yang terdiri atas file, add, render, dan help.

*  Viewport    :  tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.

*  Toolbar      :  terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.

*  Outliner      :  struktur data dari objek pada blender.

*  Properties  :  panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek                                atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang                              aktif.

*  Timeline    :  instruksi yang terkait dengan frame animasi atau sequencer.


a. ScreenLayouts

Saat membuka blender, layar akan menampilkan secara default seperti pada gambar diatas. Tampilan tersebut dapat diganti sesuai kebutuhan, misalnya kebutuhan untuk merancang simulasi visual, anda dapat memilih layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain.
Tools ini berada pada pojok kiri atas layar, merupakan bagian dari mainheader.





















b. SplittingWindows

   SplittingWindows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software blender,  SplittingWindows dalam pembuatan simulassi visual 3D seringkali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows.
SplittingWindows adalah membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara vertikal maupun herizontal.
Berikut cara melakukan SplittingWindows.




Arahkan kunsor pada sudut windows yang dilingkari merah kemudian klik simbol + yang tertera. kemudian klik kiri tombol mouse, tahan dan geser.

Changing The Editor Type
Ada beberapa jenis editor yang secara default tidak ditampilkan oleh blender, anda dapat mengganti dengan jenis editor lain. Sesuai dengan kebutuhan anda.



1. Python Console : untuk display scriting

2. File Browser : membuka dan menyimpan data file

3. Info : berisi header utama

4. User Preference : mengatur setting aplikasi blender

5. Outliner : melihat list data pada scene blender

6. Properties : properties utama pada setiap objek dan data

7. Logic Editor : game dan simulasi

8. Node Editor : meliputi texture, imaging compositing, dan                               material compositing

9. Text Editor : text editor sekaligus phyton script

10. Video Sequence Editor : mengedit video dan suara

11. UV/Image Editor : UV edit dan image painting

12. NILA Editor : animasi nonlinear

13. Dope Sheet : mengedit keyframe

14. Graph Editor : mengedit kurva dan drive animasi

15. Timeline : fungsi play animasi

16. 3D View : tempat utama objek 3D


c. Shortcut of Numpad

     Bagi para pengguna laptop disarankan mengaktifkan emulate numpad , karena berguna untuk menggatikan tombol numpad, sehingga bisa menggunakan perintah numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard.
Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, bisa langsung menuju File → User Preferences kemudian ikuti langkah dibawah ini.































Berikut ini adalah fungsi angka - angka pada numpad sebagai shortcut.


















[1] Tampak Depan
[3] Tampak Kanan
[7] Tampak Atas
[2] Putar bawah 15 derajat
[8] Putar atas 15 derajat
[4] Putar Kiri “15derajat”
[6] Putar Kanan “15derajat”
[5] Orthographic atau Perspektif
[0] Camera Perspektif
[CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas
[CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah
[CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan
[CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri 




d. Snap 3D Cunsor

      Pada dasarnya 3D cunsor digunakan untuk menentukan letak objek. Sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan. Cara melakukan Snap 3D cunsor adalah dengan menekan Shift + s.























Selain itu, Snap juga bisa digunakan saat menstransformasi objek dengan cara menekan Ctrl sambil merubah objek , sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu.


e. Adding Object

      Merupakan sebuah menu untuk menambah objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan  Shift + A.

























  Dalam menambahkan objek pada blender akan menemukan 2 jenis mode, yaitu object mode dan edit mode.
  Kedua mode tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Edit mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik tertentu, sedangkan object mode digunakan untuk pengeditan objek secara keseluruhan. Untuk memilih modus object atau edit mode, dapat menekan tombol Tab pada keyboard. Tampilan kedua mode tersebut seperti dibawah ini.

#object mode







f. Transformation

     Adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau menggubah ukuran objek.
Dasar transformasi dalam blender, meliputi :

* Grap / Move  : menggeser objek dengan menekan tombol (G)

* Rotation         : memutar objek dengan menekan tombol (R)

* Scale              : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol (S).

Untuk mentransformasikan objek berdassarkan sumbu (x, y ,z), anda dapat menggunakan shortcut pada keyboard,

Grap/Move (G)

(G) + (X)  =  objek akan bergeser pada sumbu X

(G) + (Y)  =  objek akan bergeser pada sumbu Y

(G) + (Z)  =  objek akan bergeser pada sumbu Z

(G) + (SHIFT) + (X)  = objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah                                           dikunci agar tidak berubah.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Flickr

BTemplates.com

Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *