jelaskan tentang transformation aplikasi blender


Transformation Pada Aplikasi Blender

Transformasi Object pada 3 Dimensi dibagi menjadi 2 yaitu Object Mode dan Edit Mode. Pertama saya akan menerangkan tentang Object Mode.

Transformasi Object Mode

Terdapat 3 perintah dasar dalam melakukan transformasi suatu Object yaitu :
  1. Menggeser (G) = Menggerakkan dan Memindahkan Object,
  2. Me-Rotasi (R) = Memutar Suatu Object,
  3. Skala (S) = Merubah Ukuran Object dalam hal ini Memperbesar atau Memperkecil

Edit Mode pada Object 3D

Ok sekarang setelah menguasai Transformasi object G - R - S. Maka tahapan selanjutnya yaitu menguasai Edit Mode pada Object 3 Dimensi. Berbeda dengan Object mode, Pada Edit Mode ini kita bisa mengatur Panjang - Lebar - Tinggu ( P - L - T ). Untuk mengubah dari Object Mode ke Edit Mode cukup dengan menekan tombol [TAB] pada keyboard anda.
Pada Edit mode kita perlu mengetahui Vertex SelectEdge SelectFace Select.
  • Vertex : Titik Sudut pada Object
  • Edge : Rusuk atau bisa disebut garis yang menghubungkan 2 buah sisi pada Bangung 3 Dimensi
  • Face : Sisi bangun 3 Dimensi atau Bidang yang terbentuk dari beberapa vertex yang saling terhubung. Pada Edit Mode terdapat juga Penebalan Object (Extrude) dan Pemotongan Object (Loop Cut)- Extrude adalah perintah untuk menambahkan penebalan pada object, untuk mengaktifkan fungsi / perintah ini maka tekan Tombol [ E ]Loop Cut adalah perintah untuk menambahkan garis rusuk (Edge) baru pada sisi object (Face), untuk mengaktifkan perintah ini tekan Tombol [Ctrl + R]

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Flickr

BTemplates.com

Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *