Transformation Pada Aplikasi Blender
Transformasi Object pada 3 Dimensi dibagi menjadi 2 yaitu Object Mode dan Edit Mode. Pertama saya akan menerangkan tentang Object Mode.
Transformasi Object Mode
Terdapat 3 perintah dasar dalam melakukan transformasi suatu Object yaitu :
- Menggeser (G) = Menggerakkan dan Memindahkan Object,
- Me-Rotasi (R) = Memutar Suatu Object,
- Skala (S) = Merubah Ukuran Object dalam hal ini Memperbesar atau Memperkecil
Edit Mode pada Object 3D
Ok sekarang setelah menguasai Transformasi object G - R - S. Maka tahapan selanjutnya yaitu menguasai Edit Mode pada Object 3 Dimensi. Berbeda dengan Object mode, Pada Edit Mode ini kita bisa mengatur Panjang - Lebar - Tinggu ( P - L - T ). Untuk mengubah dari Object Mode ke Edit Mode cukup dengan menekan tombol [TAB] pada keyboard anda.
Pada Edit mode kita perlu mengetahui Vertex Select, Edge Select, Face Select.
- Vertex : Titik Sudut pada Object
- Edge : Rusuk atau bisa disebut garis yang menghubungkan 2 buah sisi pada Bangung 3 Dimensi
- Face : Sisi bangun 3 Dimensi atau Bidang yang terbentuk dari beberapa vertex yang saling terhubung. Pada Edit Mode terdapat juga Penebalan Object (Extrude) dan Pemotongan Object (Loop Cut)- Extrude adalah perintah untuk menambahkan penebalan pada object, untuk mengaktifkan fungsi / perintah ini maka tekan Tombol [ E ], Loop Cut adalah perintah untuk menambahkan garis rusuk (Edge) baru pada sisi object (Face), untuk mengaktifkan perintah ini tekan Tombol [Ctrl + R]
0 komentar:
Posting Komentar